• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Harumkan Nama Bangsa, Eulis Sabet 4 Medali Sekaligus di Laga Tai Chi Dunia

Surel Cetak PDF


Taipei, Taiwan.
Menjadi seorang Buruh Migran Indonesia (BMI) bukan berarti tak bisa berprestasi. Terbukti Eulis Komariah, BMI asal Bandung ini berhasil membuktikan prestasinya di laga Tai Chi dunia. Tak tanggung-tanggung, Eulis yang juga terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Taiwan bidang studi Bahasa Inggris Penerjemah ini berhasil menyebet 4 medali sekaligus (3 emas, 1 perak) di laga The Fifth World Cup Tai Chi Chuan Championship 2014 mengalahkan ratusan peserta lain yang berasal dari berbagai Negara. Eulis kembali mengharumkan nama Indonesia setelah sebelumnya pada tahun 2012, di laga serupa berhasil mendapatkan juara kedua.

Di pertandingan Tai Chi yang digelar pada tanggal 18-19 Oktober 2014 di Taipei Arena tersebut Eulis menjadi satu-satunya atlet Tai Chi yang mewakili Indonesia. Eulis mengikuti 4 cabang Tai Chi sekaligus, dan keempat-empatnya mendapatkan medali. Tiga emas dan satu perak.

“Sebenernya saya optimis bisa mendapatkan 4 medali emas sekaligus. Sayangnya tadi pas satu cabang, mainnya di juri-i sama majikan sendiri, jadi sedikit grogi dan akhirnya cuma jadi juara dua.” Sesal Eulis karena masih belum bisa mengatasi groginya saat tampil di depan majikannya. “Laga selanjutnya saya harus bisa lebih percaya diri” Tegas Eulis.

Eulis bercerita bahwa dia mulai berlatih Tai Chi sejak 3,5 tahun yang lalu bersama majikannya Liú-Yùxiá yang juga seorang pelatih Tai Chi. Eulis berlatih tanpa memandang waktu. Siang dan malam selama ada waktu kosong disamping tugasnya bekerja sebagai BMI dan belajar sebagai mahasiswa UT Taiwan Eulis terus berlatih.

“Beruntung saya punya majikan yang baik hati, sudah nganggap saya seperti anak sendiri, bahkan kalau malam sehabis latihan sering tidur bareng satu kamar.” Cerita Eulis dengan bangga menceritakan majikan yang sekaligus guru Tai Chi-nya.

Semangat Eulis yang tak pernah lelah untuk bekerja, berkarya, dan belajar ini patut dijadikan panutan bagi banyak orang untuk menggapai suksesnya. Eulis telah berhasil menunjukkan bahwa menjadi BMI bukanlah pekerjaan yang hanya layak dipandang sebelah mata. BMI juga bisa berprestasi. Indonesia juga bisa jaya dikancah Internasional.

Segenap Badan Pelaksana Univesitas Terbuka di Taiwan mengucapkan selamat dan sukses kepada Saudari Eulis Komariah atas prestasinya di laga The Fifth World Cup Tai Chi Chuan Championship 2014 tersebut. Semoga prestasi yang diraih tersebut bisa menjadi contoh bagi semua civitas Akademik UT Taiwan. Terus berkarya dan beprestasi, UT- Mandiri Mengukir Prestasi.(eNTe)

Liputan UT-Taiwan di NET.

Surel Cetak PDF

Liputan UT-Taiwan di NET. Ingin mengenal Universitas Terbuka di Taiwan lebih dekat? Mari simak liputan yang ditayangkan oleh NET. pada tautan berikut ini: http://youtu.be/HmLq5D5Lc54 .

Laga Mahasiswa Universitas Terbuka di Taiwan di Kompetisi Internasional

Surel Cetak PDF

Tàijíquán (太極拳) atau yang sering disebut sebagai t'ai chi, taiji atau tai chi merupakan suatu olah raga bela diri dari China yang dilakukan melalui serangkaian teknik gerak badan. Pada tahun 1981, asosiasi tai chi dunia atau yang disebut sebagai sebagai World Tai Chi Chuan Federation menyelenggarakan International Tai Chi Chuan Competition untuk kali pertama. Dalam waktu dekat, yakni 18-19 Oktober 2014, International Tai Chi Chuan Competition akan kembali diselenggarakan untuk kesekian kalinya dengan bertempat di Taipei Arena (No. 2, Sec. 4, Nanjing E. Rd., Songshan District, Taipei City, Taiwan).

Pada kompetisi tai chi yang bergengsi ini, Indonesia akan diwakili oleh seorang atlet wanita berprestasi, yakni Eulis Komariah. Eulis Komariah merupakan salah satu mahasiswa Universitas Terbuka di Taiwan yang sedang menempuh bidang studi Bahasa Inggris Penerjemah. Kiprahnya dalam tai chi memang tak dapat dipungkiri. Terbukti, pada 2012 International Tai Chi Chuan Competition ia berhasil meraih predikat sebagai juara kedua.

Sehubungan dengan hal itu, kami, badan pelaksana Universitas Terbuka di Taiwan, mengajak teman-teman agar dapat menyisihkan waktu untuk mengunjungi Taipei Arena pada tanggal  18-19 Oktober 2014 demi mendukung Saudara Eulis Komariah yang berlaga  mengharumkan nama bangsa. Kehadiran teman-teman sangat kami nantikan. Semua tiada berkesan tanpa kehadiran anda. (UTT)

Rekrutmen Terbuka Tutor UT-Taiwan 2014.2

Surel Cetak PDF

Universitas Terbuka-Taiwan membuka kesempatan bagi putra/putri terbaik bangsa Indonesia untuk bergabung sebagai Calon Tenaga Pengajar (Tutor)  Formasi Tahun 2014.2, dengan periode pendaftaran 1 Agustus 2014 - 11 Agustus 2014.

 

 

FORMASI YANG DIBUKA*

1. Jurusan Manajemen

  • Pengantar Bisnis
  • Manajemen
  • Manajemen Pemasaran
  • Organisasi
  • Manajemen Perubahan
  • Studi Kelayakan Bisnis

2. Jurusan Sastra Inggris minat Penerjemah

  • Reading 1
  • Translation 1
  • Translation 5
  • Translation 6
  • Analisis Teks dalam Penerjemahan

3. Jurusan Ilmu Komunikasi **

  • Pengantar Ilmu Politik
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris 1

Deskripsi mata kuliah terlampir

**Diprioritaskan untuk yang menguasai ketiga matakuliah

 

PERSYARATAN

1.  Warga Negara Republik Indonesia, yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta Bhinneka Tunggal Ika
2.  Memiliki komitmen yang tinggi menjadi Tutor
3.  Mau belajar mengoperasikan komputer minimal program Office dan Internet (software untuk distance learning)
4.  Memenuhi salah satu kriteria berikut :

  • Pendidikan minimal S2 dengan status guru atau minimal S1 dengan status dosenyang memiliki pengalaman mengajar minimal selama 3 tahun
  • Praktisi yang telah mempunyai pengalaman minimal selama 5 tahun sesuai dengan background matakuliah yang akan ditutorialkan
  • Minimal pernah mengambil mata kuliah yang akan diajarkan dengan nilai minimal B

5.  Bersedia mengikuti seluruh peraturan yang ada di Universitas Terbuka khususnya yang berkaitan dengan Tutor (mengikuti pelatihan Tutor, membuat RAT, SAT, absensi, nilai, CPT, dan lain-lain)
6.  Bersedia meluangkan waktu untuk konsultasi dengan mahasiswa Universitas Terbuka Taiwan di luar jam tutorial.

 

INSENTIF TUTOR UT :

  1. Pahala dari Tuhan Yang Maha Esa karena telah membagi ilmunya
  2. Honor, sesuai standar tutor Universitas Terbuka-Jakarta (standar yang sama dengan tutor UT Indonesia di seluruh dunia
  3. Penggantian uang trasportasi ke tempat tatap muka kelas.

 

PENGAJUAN LAMARAN

  1. Mengajukan Surat Kesediaan Tutor Mengajar***
  2. Photocopy Ijazah terakhir yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang terbaru
  3. Photocopy Transkrip Nilai terakhir yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang
  4. Daftar Riwayat hidup dalam bentuk file pdf
  5. Pas Photo ukuran 4 x 6
  6. Seluruh berkas (no. 1- 5) diunggah di http://www.ut-taiwan.org/registrasi/registrasi_tutor.php paling lambat pada tanggal 11 Agustus 2014 pukul 23:59 (GMT+08:00).

CP: Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya

*** Surat Kesediaan Tutor Mengajar terlampir



Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan diproses. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

* Download Deskripsi Mata Kuliah

** Download Surat Kesediaan Tutor Mengajar

Pendaftaran Mahasiswa Baru Angkatan VII Telah Dibuka

Surel Cetak PDF

Pendaftaran mahasiswa baru Universitas Terbuka Taiwan Angkatan VII dibuka pada tanggal 19 Mei - 06 Juli 2014.

Untuk mendaftar, silahkan klik link berikut.

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL