PENGUMUMAN REGISTRASI MAHASISWA LAMA & REGISTRASI UJIAN ULANG SEMESTER 2018.2

Lihat Disini!

Mekanisme Perkuliahan

Sistem Pembelajaran

Sistem pembelajaran yang digunakan pada tahun ajaran 2018.1 Universitas Terbuka Taiwan adalah Jarak Jauh dan Terbuka. Dimana Jarak Jauh berarti tidak dilakukan secara langsung (bertatap muka), melainkan melalui media bantu ajar berupa cetak (buku modul) maupun non cetak (bahan ajar digital, online, video, dll). Terbuka berarti tidak ada batas usia, tahun ijazah, dan masa belajar. Namun, calon mahasiswa yang akan mendaftar di Universitas Terbuka Taiwan harus sudah menamatkan jenjang pendidikan SMA/sederajat.

Metode Pembelajaran

Universitas Terbuka Taiwan menerapkan metode pembelajaran yang bersifat Mandiri. Cara belajar mandiri, menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Belajar sendiri dapat dilakukan secara inisiatif atau berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial.

Teknis pembelajaran

Tutorial di UT diselenggarakan dalam 2 model, yaitu:

1. Tutorial Online (TUTON)

Tutorial Online atau tutorial elektronik merupakan teknik pembelajaran yang dapat diakses melalui menu pada situs UT PUSAT (elearning.ut.ac.id). Tuton berupa tutorial video dengan teknologi streaming video melalui jaringan internet. Melalui layanan ini mahasiswa dapat menyaksikan hasil rekaman tutorial yang dahulu pernah disiarkan melalui TVRI/TPI.

Jam belajar: Bebas

2. Tutorial Tatap Muka (TTM)

TTM dilakukan sebanyak 11 kali. Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan minimal 5 kali untuk mendapatkan hak nilai dari Tutor. TTM terdiri dari 2 jenis, yaitu:

a) TTM Online (9 kali)

Proses pengajaran akan diajarkan langsung oleh tutornya secara online (teknologi streaming) dengan media Skype for Business.

Link atau tautan pertemuan akan diberikan oleh Tutor via grup Facebook. Frekuensi pertemuan maksimal 1 kali dalam 1 minggu. Namun jika terjadi keadan yang mendesak, hal tersebut dapat berubah tergantung dari kesepakatan Tutor dan Mahasiswa dengan sepengetahuan pihak Badan Pelaksana UTT.

Jam belajar: Mengikuti jadwal

b) TTM Kelas (2 kali)

Proses pengajaran dilakukan dikelas yang dipandu oleh tutornya secara langsung (face to face).

Bagi mahasiswa yang berhalangan hadir pada TTM kelas, anda dapat mengunduh/menonton stream rekaman kuliah dan juga materi perkuliahan di halaman mata kuliah tersebut. Silahkan masuk ke halaman site jurusan anda (manajemen, inggris, atau komunikasi), kemudian klik mata kuliah tersebut, dan silahkan klik tanggal/bab/topik yang mana anda ingin me-review.

Jam belajar: Mengikuti jadwal

Tempat belajar: Daerah Taipei dapat dilangsungkan di KDEI atau tempat lain yang akan diinformasikan kemudian oleh pihak Badan Pelaksana UT Taiwan, dan kelas akan dibuka di kota-kota lain jika cukup banyak mahasiswa yang berdomisili di kota tersebut.

Komposisi jadwal dan jumlah kuliah masing-masing TTM Online dan kelas dapat berubah dengan pemberitahuan selanjutnya.

UAS (Ujian Akhir Semester)

Ujian dilakukan dalam 2 hari (setiap hari Minggu dalam 2 minggu berturut-turut). Setiap mahasiswa harus hadir dalam ujian (UAS). Tidak ada UAS susulan (yang ada adalah ujian perbaikan di semester berikutnya). Nilai UAS untuk mahasiswa yang tidak dapat mengikuti ujian adalah 0.

Prosedur Penilaian

Bagi mata kuliah yg memiliki TTM, maka porsi nilai yang diambil adalah 50% TTM + 50% UAS. Namun jika nilai UAS lebih tinggi dari nilai TTM, maka nilai akhir diambil dari nilai UAS saja.

- Jika nilai UAS ≥ 30, nilai TTM atau TUTON akan berkontribusi terhadap nilai akhir mata kuliah.

- Jika nilai UAS < 30, maka mahasiswa dinyatakan tidak lulus MK tersebut.

Bagi matakuliah yang tidak memiliki TTM, hanya TUTON , maka porsi nilainya yang diambil adalah 30%TUTON + 70% UAS. Sedangkan bagi mahasiswa yang tidak mengikuti TTM dan TUTON maka porsi nilainya 100% dari UAS saja.

Syarat Kelulusan

- Lulus semua mata kuliah yang dipersyaratkan (TANPA NILAI E).

- Lulus TAP (Tugas Akhir Program) dengan nilai minimal C. TAP adalah pengganti skripsi Pelaksanaan TAP seperti UAS, ujian berupa essay atau uraian.

- IPK minimal 2.0



Terima kasih
Salam UT Taiwan
Mandiri Mengukir Prestasi