Universitas Terbuka Taiwan

Universitas Terbuka Taiwan

FAQ

Tuton, Ujul, dan Administrasi

Silakan hubungi Bendahara dan Administrasi mengenai Ujul

Anda harus lapor ke UPBJJ UT bagian Administrasi agar NIM Anda diaktifkan kembali. Setelah NIM diaktifkan, Anda dapat melakukan registrasi mata kuliah pada semester berjalan dengan memakai NIM yang telah dimiliki.

Lakukan aktivasi akun terlebih dahulu pada menu “Aktivasi” di laman elearning.ut.ac.id. Kemudian login menggunakan Username dan Password yang dikirimkan melalui email.

Simak video panduan aktivasi tuton pada menu “Panduan” di laman depan http://elearning.ut.ac.id/

Bagi mahasiswa yang sudah pernah aktivasi Tuton tidak perlu aktivasi Tuton lagi asalkan akses/login terakhir dalam sistem elearning tidak lebih dari 180 hari. Administrator sistem UT berhak melakukan penghapusan akun jika mahasiswa tidak pernah mengakses/login kedalam situs UT-Online selama 180 hari atau lebih sejak login terakhir.

Pastikan NIM dan tanggal lahir yang anda masukan benar.

Alamat email yang Anda masukkan salah. Pastikan email yang didaftarkanbenar dan masih aktif. Cek email pada menu“Spam”. Terkadang email konfirmasi aktivasi masuk ke dalam menu ”Spam”.

Laporkan kendala anda melalui http://hallo-ut.ut.ac.id/ dengan menyebutkan nama, NIM, dan emailnya.

Gunakan fasilitas “Lupa username atau password?”atau “Forgot your username or password?” pada laman elearning.ut.ac.id (https://elearning.ut.ac.id/login/forgot_password.php )

Ujul umumnya dilakukan pada akhir dari semester, untuk jadwal detail pendaftaran dan pelaksanaannya dapat dilihat pada kalender akademik

Ya, Ujian Ulang dapat dilakukan tiap semester tidak perlu menunggu semester selanjutnya, dan dilakukan apabila nilai yang didapatkan minimal D.

Apabila mahasiswa/i ingin berganti layanan dari Tuweb ke Tuton dengan alasan berhalangan hadir pada hari Minggu dan belum terdaftar pada Tuweb atau belum terdaftar layanan Tuton untuk MK yang memang di-Tutonkan sejak awal, dapat menghubungi divisi akademik untuk selanjutnya diproses ke pusat mengenai proses pemindahan layanan dalam rentang waktu yang telah disediakan.

Tidak semua mata kuliah tersedia dalam bentuk TUTON, ada beberapa mata kuliah yang hanya tersedia dalam bentuk TUWEB.

Mahasiswa/i yang terlambat untuk klik kebersediaan mengikuti TUTON dapat mengikuti TMK sebagai ppengganti.

T.H.E

Cek terlebih dahulu di kalender Akademik apakah sudah dalam periode jadwal pengumuman nilai atau belum. Untuk melakukan pengecekan nilai, Anda bisa membuka tautan berikut: https://sia.ut.ac.id/daftarnilai”

Mohon maaf, Pusat tidak mengizinkan adanya pemadatan. Jika memang ingin melakukan pemadatan kami memerlukan surat yang menyatakan demikian.

Anda bisa langsung menghubungi bagian Administrasi terkait hal ini. Kami dari Akademik tidak bisa memberikan keputusan. Anda juga dapat melaporkan hal ini ke UT pusat melalui Hallo UT.

Anda bisa mengacu pada kalender akademik dan bisa meminta Bapel untuk membuat surat izin untuk mengikuti UAS kepada Admin Bapel UT Taiwan.

Anda bisa mencari informasi mengenai UPBJJ terdekat dengan melihat halaman web UT pusat dan bertanya kepada bagian Admin Bapel UT Taiwan

Nilai E dikarenakan nilai UAS yang diperoleh di bawah 30 sehingga komponen lain jadi tidak berpengaruh.

Pastikan BJU file dalam bentuk PDF dan ukuran maksimal adalah 2 Mb.

Setelah klik tombol unggah, dan mengunggah file BJU, kolom status THE akan berubah menjadi ‘Telah Unggah’ yang berarti file BJU telah berhasil diunggah.

THE akan dilaksanakan dalam periode dua minggu. Untuk tiap minggunya dilaksanakan dalam 5 hari. Jadwal THE mahasiswa bergantung berdasarkan mata kuliah yang diikuti.

Sebelum THE berlangsung, mahasiswa dapat mengunduh KTPU (Kartu Tanda Peserta Ujian) sesuai kalender akademik di SIA. Di KTPU tersebut akan tertera jadwal THE yang harus diikuti oleh mahasiswa.

Iya perlu mengaktifkan kamera, hanya untuk MataKuliah Tuton yang dasar di semester 1.

Karil

Mahasiswa dipersilakan memilih satu tutor sebagai pembimbing karil dengan bertanya langsung kepada tutor yang bersangkutan mengenai kemungkinan untuk bisa membimbing atau tidak. Setiap tutor dapat membimbing maksimal 8 mahasiswa.

Lakukan registrasiterlebih dahulu pada laman Karil http://karil.ut.ac.id/

Klik menu “Upload Artikel”, kemudan isikan kolom sesuai data Anda dan klik “Add”.

Username: NIM Password: Password ketika registrasi

Gunakan menu “Forgot Password” pada halaman login Karya Ilmiah

File yang berekstensi .doc, .docx, .rtf atau .odt

Setelah selesai unggah, akan muncul nama file Anda pada menu “Upload Artikel”. Lalu, klik pada kolom File untuk memeriksa file unggahan Anda.

File yang sudah diunggah tidak dapat diganti. Mahasiswa dapat mengunggah ulang file Karilnya, lalu sistem akan mengambil hasil unggahan yang terakhir.

Syarat lolos plagiasi adalah similarity kurang dari 60%.

Anda dapat login pada halaman Karil saat pengumuman karil berlangsung. Lalu, klik menu “Status Artikel Mahasiswa” untuk mengetahui status karil Anda.

Minimal Anda harus berada di semester 7 dan nilai mata kuliah semester 1 sampai 6 sudah keluar.

14 hari setelah penutupan karil atau paling lambat 1 minggu sebelum pengumuman nilai.

Karil bersifat opsional (tidak diwajibkan). Akan tetapi, karil dapat menunjang nilai TAP untuk kelulusan.

Maksimal adalah 12 halaman untuk isi saja

TAP

TAP merupakan ujian yang penentuan kelulusan untuk mahasiswa tingkat akhir (minimal semester 7).

IPK minimal 2.0, berkas pendaftaran sudah lengkap (dapat diperiksa melalui SIA masing-masing pada bagian “Data Diri” TAP, maksimal SKS yang diambil pada semester TAP adalah 20 SKS. Jika mahasiswa masuk semester 7 dan sudah melakukan registrasi sebelum nilai keluar, TAP akan muncul otomatis di LIP.

Silakan lihat kalender akademik. Biasanya TAP akan dilaksanakan seminggu setelah UAS atau THE.

UT Pusat akan membuat grup Whatsapp untuk menjelaskan mekanisme TAP. Ujian TAP bersifat “open book”, artinya mahasiswa dapat membuka modul masing – masing ketika ujian dengan menyalakan kamera selama ujian berlangsung.

Mahasiswa dapat melakukan Ujian Ulang (Ujul) di semester berikutnya.

Tidak bisa. TAP dan Karil bersifat wajib sebagai salah satu syarat kelulusan.

TAP bisa diambil di semester berikutnya (semester 8) ketika syarat nomor 2 sudah terpenuhi.

TMK

Tugas Mata Kuliah (TMK) adalah evaluasi hasil belajar mahasiswa melalui pemberian tugas bagi mahasiswa yang mata kuliahnya tidak terdaftar pada TTM/Tuweb atau Tuton.

UT Pusat mengirimkan informasi daftar peserta TMK melalui email atau sms berdasarkan email dan nomor HP yang ada pada data pribadi mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa perlu memastikan email dan nomor HP yang terdaftar benar dan aktif.

Naskah soal TMK diunduh secara online melalui laman http://tmk.ut.ac.id

Silakan diulang kembali dengan memasukkan password, berupa tanggal/bulan/tahun lahir. Contoh: 01/01/1990

Mengunduh naskah soal dan Buku Jawaban Tugas (BJT) di http://tmk.ut.ac.id sesuai jadwal dan dikerjakan di rumah secara mandiri dengan menggunakan BJT sesuai batas waktu yang ditetapkan

Jika terlambat mengunggah BJT, jawaban tidak akan diproses. Jadi perhatikan waktu pengumpulan

Mahasiswa dapat mengunggah BJT pada laman TMK

Mahasiswa dapat bertanya melalui Line Akademik di

Mulai Tugas Mata Kuliah tanggal 25 Oktober 2021 dan batas akhir tanggal 5 Desember 2021

Tuweb

Tuweb merupakan singkatan dari tutorial webinar. Tuweb bersifat daring (online) dan sinkronus, artinya diselenggarakan secara real-time atau bersamaan

Tuweb dilakukan melalui aplikasi Microsoft Teams

Jika menggunakan perangkat Smartphone, Anda dapat mengunduh Microsoft Teams dari Google Play atau Appstore.

 

Jika ingin menginstall Microsoft Teams pada laptop/komputer bersistem operasi Windows, Anda dapat mengikuti panduan berikut ini : Cara mendownload dan instal Microsoft Teams di Laptop – YouTube

 

 

Teams juga bisa dijalankan langsung dari browser tanpa harus di install

 

  1. Silakan buka website LMS melalui browser di https://lms.ut.ac.id/
  2. Login dengan menggunakan username dan password Anda.
  3. Pilih menu “Courses” dan klik kelas tuweb Anda.
  4. Klik tautan Tuweb yang disediakan pada halaman tersebut.
  5. Selanjutnya Anda akan berada di halaman Microsoft Teams. Silakan pilih join in the web (apabila belum menginstall) atau pilih buka dari aplikasi.
  6. Login dan bergabung dalam kelas TUWEB.

TUWEB berbeda dengan TTM karena pada Tuweb tidak terdapat pertemuan tatap muka yang bersifat luring (offline)

Pelaksanaan Tuweb per kelas mata kuliah dapat diikuti oleh mahasiswa lintas negara

Dalam satu semester, Tuweb diadakan sebanyak 8 kali pertemuan

Bagi mahasiswa LN yang mengambil paket Non-SIPAS dapat mendaftar dan mengikuti Tuweb atas permintaan mahasiswa (Tuweb Atpem)

Silahkan ikuti panduan berikut :

https://drive.google.com/file/d/1iA-Qw8–IXnyvc6aiVjWc-lLg2PO1w2c/view?usp=sharing